Menu

Senin, 25 Juli 2016

Pengertian Telnet
Pengertian Telnet – Pernahkah anda mendengar istilah telnet? Jika anda adalah salah satu orang yang sudah lama berkecimpung di dunia internet dan komputer kami yakin anda telah sering bahkan mungkin tau betul dengan istilah telnet tersebut. Namun bagi sebagian orang atau mungkin bagi adik-adik yang sedang mengenyam bangku pendidikan komputer akan merasa asing dengan istilah ini. Baiklah, kami melalui blog mandalamaya.com bermaksud untuk berbagi informasi mengenai pengertian telnet dan kegunaan telnet. Untuk itu mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Telnet

Pengertian telnet adalah salah satu protokol network yang menyediakan remote command-line shell yang berjalan melalui TCP/IP. Telnet pertama kali diciptakan yaitu pada tahun 1970-an dan masih tetap digunakan hingga saat ini. Pada umumnya telnet digunakan untuk mengakses dan mengendalikan komputer yang menggunakan sistem Unix. Selain itu telnet biasa digunakan untuk masuk pada sistem perangkat network seperti router dan switches berbentuk command prompt.
Untuk bisa menggunakan telnet terlebih dahulu komputer server atau komputer yang akan kita remote harus memiliki port yang terbuka untuk diakses melalui protokol telnet. Kita yang melakukan remote ke komputer lain atau perangkat lain kemudian disebut dengan klien telnet. Klien telnet berjalan pada komputer kita dan terhubung ke komputer server, kemudian kita dapat mengendalikan komputer server dengan menggunakan perintah-perintah seolah kita sedang menjalankan langsung secara berhadapan dengan komputer server tersebut.
Untuk memulai session telnet terlebih dahulu kita harus terhubunga ke suatu server menggunakan port tertentu yang sudah dibuka oleh server tersebut. Pertamakali saat sudah terhubung ke server bersangkutan akan dipinta memasukkan login dan password. Secara default port telnet menggunakan port 23.
Itulah sekilas penjelasan mengenai pengertian telnet. Adapun apabila ada kekurangan atau mungkin kesalahan dalam penjelasan pengertian telnet ini, kami sangat berterima kasih bila anda dapat memberikan masukkan melalui komlom komentar yang ada di bawah artikel ini. Semoga informasi pengertian telnet ini dapat benar-benar berguna untuk anda. Untuk informasi lain mengenai cara penggunaan telnet akan kami ulas pada artikel berikutnya.

0 komentar:

Please, Disable Adblock

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript

Followers

Label

Popular Posts

Halaman

Laman

Diberdayakan oleh Blogger.
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript

Disable Right Click