Menu

Senin, 25 Juli 2016


Mouse pertama diciptakan atau Penemu Mouse Pertama dan sekilas Profil penemunya. Mengapa dikatakan Mouse?. Karena bentuknya yang menyerupai tikus dan pada umumnya selalu keluar masuk jendela (jendela program).
Mouse diciptakan oleh Douglas Angelbart, dilahirkan pada tahun 1925, di Oregon, Dimana beliau dibesarkan disebuah peternakan kecil. Tahun 1942 ia lulus sekolah menengah dan pergi ke Oregon State University untuk belajar elektronik .
Penemu Mouse Komputer Pertama

Douglas Engelbart pertama kali memperkenalkan mouse komputer pada tahun 1963 namun banyak juga yang mengatakan bahwa mouse sudah ditemukan ketika tahun 1957. Douglas merupakan seorang peneliti yang berasal dari Stanford Research institute. Lantas mengapa dinamakan 'mouse' komputer?? itu dikarenakan ketika pertama kali menemukan mouse komputer, kabelnya sangat mirip dengan buntut atau ekor tikus yang panjang dan juga kecil, selain itu juga bentuknya juga menyerupai hewan pengerat tikus. Pada awalnya, laboratorium khusus bernama Augmentation Research Center (ARC) didirikan oleh Douglas Engelbart di tempat penelitiannya Stanford Research institute. Ide mengenai mouse komputer pertama kali muncul di otak Douglas saat ia hadir dalam konferensi Komputer Grafis. Saat itu kursor yang ada di layar komputer dianggap sebagai 'bug' sehingga bagaimana bisa 'bug' tersebut bisa dimanfaatkan.  

Douglas Angelbart
Berikut adalah gambar mouse pertama yang di ciptakan oleh
Douglas Angelbart :
Gambar Mouse Komputer Pertama 
Eksperimen terus dilakukan oleh Douglas dengan melakukan berbagai macam uji coba dengan menggunakan benda-benda yang awalnya berbahan dasar kayu dan hanya terdapat satu tombol namun belum sempurna kemudian di model selanjutnya, benda hasil eksperimennya sudah dilengkapi dengan tiga tombol dimana besi sebagai bahan dasrnya dan roda penggerak yang menggunakan alumunium. Akhirnya Mouse komputer temuan Doglas Engelbart berhasil diciptakan namun bentuknya masih mirip kotak dimana kabel panjang terhubung di belakang kotak tersebut, namun pada akhirnya kabel tersebut berada di depan mouse, ini merupakan model mouse komputer yang sekarang banyak digunakan. Perlu diketahui penamaan 'mouse' bukanlah Douglas Engelbart yang memberikannya tetapi para peneliti-peneliti di tempat Douglas engelbart bekerja.


Paten pun kemudian diajukan oleh Douglas engelbart atas benda temuannya ini pada tahun 1967, sekaligus ia mendemonstrasikan benda temuannya ini kepada publik dan memberikan nama benda temuannya ini dengan nama X-Y Poosition Indicator sampai pada akhirnya terkenal hingga saat ini. Benda hasil temuannya ini kemudian berhail menarik orang-orang yang biasa disebut “the mother of all demos” dari Silicon valley. Kemudian pada akhirnya Xerox Palo Alto Research Center berhasil menyempurnakan mouse komputer temuan Douglas Engelbart yang kemudian penggunaanya secara komersil diubah oleh Apple dan juga Microsoft. Atas Jasa Dougolas Engelbart dalam dunia komputer kemudian ia dianugerahi penghargaan yaitu the National Medal of Technology yang diberikan ooleh Presiden Bill Clinton.
Berikut adalah sketsa disain mouse tersebut:
Sketsa Desain Mouse Komputer Pertama

Penemu mouse komputer pertama Douglas Engelbart ini meninggal di usia ke 88 tahun pada tanggal 22 Juli 2013 dimana jasanya sangat banyak membantu dalam perkembangan teknologi komputasi bagi manusia. Kini teknologi mouse dari masa ke masa terus menerus berkembang pesat sampai saat ini dimana di masa sekarang mouse kmputer modern muncul dengan teknologi gelombang wireless atau radio baik itu infra merah maupun bluetooh tanpa menggunakan kabel lagi.

Sesuai dengan perkembangan zaman, teknologi semakin canggih hingga perkembangan mouse sendiri meningkat pesat dengan adanya generasi perancang baru dalam disain mouse. Teknologi mouse berkembang dimulai dengan menggunakan bola sebagi penggerak, Bluetooth, Wireless sampai sekarang menggunakan teknologi finger mouse yang dapat dilengketkan dijari tangan layaknya cincin.

0 komentar:

Please, Disable Adblock

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript

Followers

Label

Popular Posts

Halaman

Laman

Diberdayakan oleh Blogger.
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript

Disable Right Click